Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Desain Penataan Meja Pada Rumah Minimalis

Jika boleh dianalogikan, ketiadaan centerpiece di atas sebuah meja, sama halnya dengan sebuah Taman tanpa rumput, gersang. Walaupun porsinya kecil, centerpiece tidak hanya memperindah tampilan meja, tapi juga memberikan feel dominan dalam sebuah penataan interior. Dekorasi centerpiece sering dipadankan dengan aktivitas menata meja (table setting). Sebuah kegiatan yang susah-susah-gampang. Selain harus menyesuaikan gaya interior keseluruhan ruangan, tema dan item yang dipilih pun harus klik. Bukan cuma menata meja, kan?

Sesuai tema
Dikenal sebagai dekorasi rumah idaman minimalis atas-meja, centerpiece identik dengan penataan bunga dengan vas atau candle holder. Dekorasi centerpiece sendiri mengikuti fungsi dan tema interior. Quartanti Dharmarini mengatakan bahwa centerpiece umumnya diletakkan di area kosong, “Misalnya area entrance, rotunda (semacam ruangan berbentuk lingkaran, -red), area bawah void, koridor dan lain-lain. Untuk centerpiece meja, bisa di meja makan, konsol atau credenza,” jelas desainer interior lulusan Geneva, Swiss. Quartanti menambahkan, konsep dan proporsi sebuah centerpiece adalah dua hal yang paling penting dan mendasar. Konsep penataan centerpiece dapat menyesuaikan tema interior, skema warna atau occasional event tertentu.

Sederhana, murah dan cantik
Mempercantik meja tidak harus dengan centerpiece berupa tatanan bunga dengan vas cantik. Centerpiece dapat berupa benda-benda sederhana yang murah namun tetap mampu memperindah tampilan. Lilin, dekorasi sederhana sekaligus fungsional yang mudah didapat. Jika ingin tetap menghadirkan rangkaian bunga, Anda dapat memetik sendiri bunga dan daun-daun yang cantik dari pekarangan sendiri. Pinecones atau buah cemara pun mampu menjadi centerpiece yang menawan. Hidangan penutup berupa keranjang buah, puding, atau kue juga merupakan centerpiece sederhana dan praktis.

Dekorasi tidak biasa
Menurut Quartanti, centerpiece tidak harus berupa rangkaian bunga. Bentuk centerpiece paling sederhana dapat berupa patung atau obyek lain yang berkesan one piece proporsional. Tidak ada aturan baku tentag item dekorasi centerpiece. Penataannnya dapat mengacu pada tema acara atau interior ruang dan proporsi. Kini sering dijumpai beragam dekorasi centerpiece unik. Misalnya mangkuk buah, ember, table plant, susunan botol, atau bahkan gulungan kertas. Memilih item dekorasi centerpiece akan lebih mudah jika tema sudah ditentukan. Acara jamuan makan Hari Raya misalnya, dapat Anda kreasikan berupa menjadikan ketupat atau hamper sebagai centerpiece yang menawan.

Tip menata centerpiece:

Perhatikan ukuran tinggi centerpiece. Penataan centerpiece yang tidak terlampau tinggi akan terlihat nyaman dan tidak mengganggu percakapan.
Rasio maksimal centerpiece adalah sepertiga dari dimensi meja. Sediakan ruang untuk food utensils dan menu yang belum dihidangkan serta proporsikan dengan dimensi ruang.
Sebelum dibuat, lihat ruang secara keseluruhan untuk membuat proporsi, bentuk dan colorscheme yang tepat dan sesuai.

Nah itulah beberapa informasi dalam mempercantik desain rumah idaman anda. Semoga dapat membantu dan selamat mempraktekannya dirumah. Untuk informasi yang berikutnya anda juga dapat membaca mengenai Desain Dekorasi Ruangan Rumah Victorian dan Arsitek Rumah Minimalis Sederhana Modern


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Desain Penataan Meja Pada Rumah Minimalis

Posted by Mandy Bulles, Published at 4:42 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment